Wednesday, April 13, 2011

NARSIS

narsis,, banyak temen yang bilang kata itu untuk menunjukkan sikap suatu mengagumi diri sendiri.
jujur kemaren-kemaren saya cuman ngikut aja ngomong "narsis" tanpa tau asal mula kenapa dibilangnya seperti itu. baru setelah kemaren membaca novel the alchemist yang saya pinjam dari seorang teman, saya baru tahu "mengapa" tersebut.
kata "narsis" berasal dari kata "narcissm" yang berasal dari mitologi si narcissus.
si narcissus ini sangat mengagumi dirinya sendiri, hingga hari-harinya hanya dilalui di pinggir sebuah danau untuk melihat pantulan dirinya, hingga akhirnya dia mati tenggelam di danau tersebut. setelah dia mati, tumbuh sebuah bunga di tempat biasanya bercermin. bunga itu diberi nama narcissus, dan sikap yang mengagumi diri sendiri pun disebut narcissm.
banyak versi cerita tentang si narcissus ini (namaya juga mitos). namun versi yang paling menarik menurut saya adalah versi yang terdapat pada novel The alchemist karangan Paulo Coelho ini. untuk lebih detail bagaimana cerita tersebut, akan saya tulis pada (beberapa) blog berikutnya..

No comments:

Post a Comment